Tuesday 1 May 2018

Onbijtkoek Resep Pak Sahak


Mumpung libur dan nganggur,  update blog biar nggak mati suri 😚😚

Beberapa hari craving makan cake ini.  Tapi baru terlaksana semalam.  Salah satu cake yang aku suka karena rasa rempahnya dan nuansa nostalgia akan cake jadul buatan Mami waktu kami masih kecil.

Dulu aku pernah bikin cake ini dengan resep yang nggak pakai butter/margarine. Enak sih, cuma seret.  Tapi sebenarnya cake ini memang sering diasosiasikan dengan keseretan 😁

Kali ini aku pakai resep yang di share oleh Pak Sahak Pribadi,  seorang pengajar dan chef yang sangat murah hati membeberkan resep resep cake, dijamin berhasil kalau sesuai dengan resep dan petunjuknya.

Cara membuatnya menggunakan metode all in one, alias semua bahan dicampur jadi satu kecuali butter/margarine dan di mixer cepat.  Adonan jadi cepat kental dan pada saat matang tinggi menjulang cantik. Aku gunakan terigu protein rendah merk Kunci,  campuran butter dan blueband. Nggak pakai kisnis,  hanya kenari saja.  Sebagian dicampur di adonan sebelum masuk loyang,  sebagian ditaburkan di atas adonannya. Kalau mau cakenya gelap,  gunakan gula aren bubuk yang gelap.

Ini resepnya,  barangkali ada yang mau coba :

ONTBIJTKOEK
Resep by Pak Sahak Pribadi
Rebaked by Hanna @resepkeluargacinta

Bahan :
10 butir kuning telur
6 butir putih telur
100 gram gula palm (aku 150 gram)
150 gram gula pasir (aku 100 gram)
1 sdm emulsiefier
1 sdm bumbu spekuk
1 sdt bubuk jahe
(aku tambahkan 1/3 sdt pala bubuk)
300 gram tepung terigu
50 gram maizena
50 gram susu bubuk
200 gram margarin cair (aku mix butter dan blue band)

Taburan :
Kismis secukupnya (aku nggak pakai)
Kacang kenari/almond secukupnya

Cara membuat :
- Campur semua bahan jadi satu kecuali margarin cair kocok hingga mengental kurang lebih 5 menit kecepatan tinggi.
- masukan margarin cair aduk rata,
- Tuang keloyang tulban ukuran 25 cm yang telah dioles dengan margarin dan ditabur dengan tepung terigu
- Taburi dengan kismis dan kacang almond/kenari.
- Panggang selama 30 menit atau sampai matang dengan panas api 180 derajat api bawah. Kemudian lanjut pemanggangan dengan api atas agar permukaan cake kering kurang lebih 10 menit atau sampai keringlah...

Enak.. Enak.. Enak.. 😇

No comments: