Saturday 16 July 2016

Soto Betawi...




Aku salah satu penggemar Sup Kaki Kambing. Kalau di Surabaya ada warung Sup Kaki Kambing Bang Jangkung...rasanya paling enak  menurutku, tidak prengus, apalagi sekarang dia tidak hanya menyediakan kaki kabing tapi juga kaki sapi. Sayangnya lokasinya jauh dari rumahku.

Beberapa waktu yang lalu aku ngidam banget sama sup ini tapi karena waktu yang tidak memungkinkan, ngidamku tidak juga terpenuhi. Kemudian Mader Nana, my beloved friend cerita kalau beliau membuat Soto Betawin dengan menggunakan bumbu instant dan rasanya enak...jadi aku terinspirasi dan akhirnya aku ikutan buat. Apa beda Sup dan Soto Betawi? Di dapurku sama aja..sama sama enak..jadi, inilah resep  yang aku pakai, dan hasilnya...enyak ! :)

Bahan:
2 bungkus bumbu instant Soto Betawi (saya pakai merk Bamboe)
1/2 kg paru sapi, potong, rebus buang airnya
1/2 kg daging sapi yang agak berlemak, potong, rebus, simpan kaldunya +/- 2 liter
5 biji cengkeh
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala bubuk
Garam/kaldu bubuk secukupnya
1 lt susu Ultra plain

Pelengkap:
Emping goreng
Tomat potong kotak kecil
Daun bawang prei rajang kasar
Jeruk sambal ambil airnya
Cabe rawit gerus
Kecap manis (kalau suka)
Bawang goreng

Cara membuat:
Rebus paru, daging, cengkeh dalam kaldu sampai empuk.
Tambahkan merica, pala, dan garam atau kaldu bubuk sesuai selera, rebus lagi sampai meresap. Terakhir,masukkan susu. Biarkan mendidih sekali lagi.
Masukkan tomat dan bawang prei sebentar sebelum diangkat.
Sajikan dengan cabe rawit, air jeruk, kecap manis,bawang goreng dan emping

*tomat dan bawang prei dimasukkan hanya dalam porsi yang akan dimakan supaya tetap crunchy.

No comments: