Tuesday 29 September 2015

KBB #48 -Soes Maker

 
 
 
 
 
 
 
Wow....finally... setelah sekian lama tidak sempat berpartisipasi dalam tantangan tantangan KBB, puji Tuhan kali ini aku bisa ikutan dalam acara 2 bulanan yang diselenggarakan oleh Klub Berani Baking yang aku ikuti selama beberapa tahun terakhir.
 
Sebenarnya sejak menerima Surat Tjinta dari mbak Widya pada tanggal 26 Agustus 2015, aku sudah berniat untuk mengikuti tantangan ke 48 ini...bukan hanya karena aku ingin baking, namun juga karena kali ini adalah ulang tahun KBB yang ke 8. Sebagai member,  aku merasa ikut berkewajiban meramaikan dan merayakannya. Sayangnya karena satu dan lain hal, baru terlaksana pada hari hari terakhir sebelum deadline. 
 
Tantangan KBB ke 48 ini adalah membuat Soes Maker, jajanan kuno yang abadi sepanjang masa. Walaupun namanya "Soes", namun Soes Maker adalah cake atau bolu lembut yang berisi ragout...entah mengapa nama dan bentuknya beda banget :)
 
Camilan ini sering hadir di acara arisan di perumahanku dan awalnya aku pikir tentunya sulit meletakkan adonan ragout di dalam cake tanpa membuat cakenya bantat. Namun setelah aku coba sendiri dengan memakai resep yang diberikan mbak Widya, ternyata mudah dan yang pasti rasanya enak, kombinasi manis dan gurih sangat pas. Bahkan Suamiku yang biasanya kurang suka cake bilang suka dan minta dibuatin lagi, karena dari hasil baking kemarin malam memang sebagian besar aku bawa ke kantor untuk dibagi dengan teman teman, dan Suamiku hanya aku tinggalin 5 biji saja...yang katanya langsung di"hap" dan kurang...maklum, bentuknya memang mungil sih.. :D
 
Baiklah, sekarang aku share dulu resep dan cara pembuatannya ya...silakan dicoba bagi yang penasaran...
 
 


Soesmaker
Sumber: Sajian Sedap
 
Bahan Isi:
1 siung               Bawang putih, dicincang halus
2 sdm                 Tepung terigu protein sedang
150 ml                Air kaldu ayam (aku : pakai air putih saja, tapi next time mau pakai susu cair)
50 gram              Ayam suwir (aku : ayam di rebus, potong kotak kecil)
5 batang              Buncis, diiris halus, direbus (aku : tidak pakai)
30 gram               Wortel, dipotong dadu, direbus
1/4 sdt                  Garam
1/8 sdt                  Merica bubuk
1/4 sdt                  Pala bubuk
1/4 sdt                  Pula pasir
1 sdt                     Seledri, dicincang halus
1 sdm                   Margarin untuk menumis
 
 
 
Cara Pengolahan Isi :
 
  1. Panaskan margarin.
  2. Tumis bawang putih sampai harum.
  3. Tambahkan tepung terigu.
  4. Aduk sampai berbutir.
  5. Tuang air kaldu ayam sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin.
  6. Masukkan ayam suwir, buncis, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir.
  7. Masak sampai kental.
  8. Tambahkan seledri. Aduk rata.
  9. Angkat dan dinginkan.
 
 
 
Bahan Cake:
5 bh                       Kuning telur
3 bh                       putih telur
75 gram                gula pasir
1 sdt                      emulsifier (sp/tbm)
75 gram                tepung terigu protein sedang
50 gram                margarin, dilelehkan
 

 
 
Cake:
Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang (dan kental).
 
Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
 
Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
 
 
Tuang sedikit adonan di cetakan muffin yang dioles margarin. Beri isi.

 
Tutup lagi dengan adonan.
 
Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius.
 


Untuk 25 buah (aku hanya jadi 16 biji (pakai cupcase Moma)



Cepat, mudah dan enak, itulah rasa  Soes Maker yang aku persembahkan untuk ulang tahun KBB...semoga Klub Baking yang challenging (karena sering memberi tantangan tantangan yang tidak biasa) ini makin seru, makin sukses dan semoga para Moderatornya selalu semangat "menggembalakan" para membernya... Happy Birthday KBB!



 

No comments: