Friday 3 August 2012

Kastengels & Cheese Balls Femmy Jaco

01kastengels2



Kastengels merupakan salah satu camilan kesukaan suami dan anakku... Mereka suka kastengels yang terasa 'kretes kretes' karena keju parut yang dimasukkan dalam adonannya dan dipanggang sampai matang dan kering.

Minggu lalu, sekalian bikin Nastar dan Tantangan KBB, aku buat Kastengels sekalian dengan resepnya Femmy Jaco di bawah ini :


Bahan-bahan:




Butter 200 gr
Margarin 225 gr
Kuning telur 3 buah
Putih telur 1 buah
Tepung Maizena 100 gr
Tepung Terigu 500 gr (kurang lebih)
Keju edam 250 gr, parut
(kalau di-mixed dengan parmesan, rasanya lebih oke lho, tidak terlalu asin)
Keju Kraft 75 gr, parut
Keju Kraft 100 gr (untuk taburan)




Bahan olesan: (campur)


2 buah kuning telur
1/2 sdm margarin, lelehkan


Petunjuk


Kocok butter + margarin (kurang lebih 1-2 menit dengan kecepatan rendah), tambahkan telur, kocok rata. Masukkan keju edam & kraft, aduk rata. Terakhir masukkan tepung maizena dan terigu, uleni hingga bisa dibentuk. Bentuk sesuai selera, olesi kuning telur, taburi parutan keju kraft.


Panggang hingga matang.

Nah, aku melakukan kesalahan waktu membuat kastengels ini. Waktu  aku membuat Nastar, aku menyuruh Yuk menggongseng terigu 1 kg sekalian, aku pikir separoh buat kastengels, separoh buat Nastar dan  bakalan enak kalau kastengels pakai tepung gongsengan juga...ternyata hasilnya 2 loyang batch pertama yang aku oven, terlalu rapuh. Coba lagi batch  ke 2 -> tetap rapuh karena aku memindahkannya tanpa menunggu dingin dulu.


01kastengels

Batch ke tiga, karena aku sudah capek dan juga sudah malam (dan Cinta sudah mulai bosan sehingga tidak mau bantuin lagi..hihih..), akhirnya sisa adonan aku bulat bulatkan, olesi telur dan jadilah cheese balls :D.

Semuanya enak, dibuat batangan enak, dibuat bola bola juga enak... Terimakasih Femmy... berikutnya aku akan coba kukis kukisnya Femmy yang lain, yang dari photonya kelihatan super yummy :)


01cheeseballs



1 comment:

Anonymous said...

Jadi intinya kastengels terigunya boleh digongseng dl gak mbakkk? Thanksss