Tuesday 5 April 2011

Oseng Oseng Keong

1oseng

Sejak kecil aku adalah penderita alergi gatal yang cukup parah. Makin dewasa, makin sering kambuh terutama kalau lagi stress atau badan nggak fit. Macam macam obat, salep, banyak dokter kulit sudah aku coba, tapi tetep aja....sering kambuh :(

Oleh teman temanku, disarankan untuk makan keong/siput/bekicot/O2. Walaupun sering denger bahwa keong ini sangat manjur mengobati alergi (gatal dan asma) tapi aku nggak tega makannya....lagian agak susah nyarinya di Surabaya.

Suatu hari sahabatku, Nancy yang sering pulang ke Kediri, dan tau banget soal penyakitku, membawakan sate keong. Temen temenku yang lain enjoy dan seneng banget menikmati sate keongnya. Aku ngotot nggak mau, Nancy juga ngotot nyuruh nyobain. Akhirnya aku coba juga, nggak tahan omelannya Nancy..hihihi...tapi aku tau ini omelan sayang.....dan rasanya not too bad lah. Mirip mirip ampela ayam. Akhirnya aku bawa 1 porsi pulang dan makan di rumah. Ada bumbu seperti bumbu pecelnya.

Biar kata rasanya not bad, tapi agak "alot" juga masuk ke tenggorokanku... rasanya tetep ada bau khasnya yang susah aku terima. Pok, suamiku, aku tawarin, langsung geleng geleng. Tapi, good sidenya, 2 hari kemudian alergiku bersih, sih ! Nggak ada bekas sama sekali.

Lain kali alergi kumat lagi, Nancy bawain sate lagi, dan proses alot - sembuh berjalan lagi...terus begitu. Lama lama aku mikir, kayaknya mendingan sate ini diolah jadi masakan yang bisa lebih lancar masuk ke tenggorokanku. Biar proses penyembuhan alergiku berjalan lebih indah :D

Jadi, demikianlah, akhirnya minggu lalu waktu dapat sate keong dari Nancy, aku olah jadi oseng oseng...dan rasanya jauh berbeda daripada kalau satenya dimakan gitu aja. Dan suamiku,anehnya, mau ikutan makan dan suka..hihih...padahal aku juga jujur bilang bahwa ini keong. Tapi dia bilang enak.

Pengen nyobain juga ? Ini resepnya :

20 tusuk sate keong, lepaskan dari tusuknya
3 bawang putih rajang kasar
3 bawang merah rajang kasar
1/2 bawang bombay rajang kasar
3 cabe rawit rajang kasar (atau sesuai selera)
1 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis
3 cm lengkuas
1 bh tomat rajang kasar
1 papan petai potong sesuai selera
2 lb daun salam buang tulang daunnya
sedikit minyak untuk menumis
sedikit air

Cara memasak :

Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, lengkuas dan daun salam sampai wangi
Masukkan keong, beri kecap asin dan kecap manis dan sedikit air, masak sampai kecap meresap
Tambahkan tomat, masak sampai layu
Terakhir tambahkan petai, masak sebentar lagi lalu sajikan.

1oseng2

No comments: