Wednesday 16 February 2011

Latbar Foodmonster February 2011


Latbar Foodmonster bulan Februari 2011 ini rencananya dibarengkan dengan peringatan ultahnya FM. Namun karena satu dan lain hal, ultahnya diundur bulan depan.

Nah, beberapa waktu yang lalu, aku di email oleh mbak Lia F. Dewi, kepala suku FM. Beliau tanya apakah aku bersedia sharing dalam latbar bulan ini, mengajarkan cara membuat pastel tutup. Aku yang merasa mendapatkan kehormatan, langsung setuju. Selain pastel tutup, kami sepakat untuk latbar Macaroni Schotel dan Salad Buah juga.

Waktunya ditetapkan hari Sabtu tanggal 12 Februari jam 9 pagi di rumahku. Lewat email emailan dengan para Mods, dibahas dan dipersiapkanlah acara ini. Mods yang mempersiapkan semua bahan, aku hanya modal tempat, nasi putih dan aqua :D




Minggu lalu benar benar Minggu yang luar biasa padat buat aku, baik di rumah maupun di kantor. Sampai Sabtu subuhpun, aku masih mengerjakan cake pesanan pak Ribut, sehingga persiapanku untuk acara Latbar FM ini agak kurang prima. Waktu teman teman mulai berdatangan aku masih muter aja ngurus ini itu....jadi mohon maaf ya, teman teman kalau sambutanku kurang OK ya.

Sekarang soal acaranya.

Begitu mbak Nana datang dengan belanjaan, para Mons langsung bergerak cepat. Mencuci kentang untuk pastup, memotong motong bahan sambil cerita cerita. Aku merebus macaroninya. Setelah semua siap, mulai membuat isian pastel tutup trus dimasukkan dalam loyang loyang kecil, sementara kentangnya dikukus. Butuh waktu lama untuk mengukus kentang pastup. Setelah kentang siap, mulailah para ibu ibu heboh menghaluskannya. Harus cepet karena kalau sudah dingin, kentang kukus bakalan susah dibentuk. Kerja team yang hebat, karena tidak lama kemudian, pure kentangnya siap, dispuit sesuai selera. Dan masuk oven.

Setelah makan siang, yang kedua dikerjakan adalah Macaroni Schotel. Nggak lama masaknya...tapi yang lama adalah nunggu pastel tutup yang sedang dioven dalam 2 batch, karena ovenku hanya muat sekitar 35 - 40 cups sekali panggang, itu juga sudah pakai oven listrik dan oven tangkring. Mbak Lia menyarankan agar Macaroni Schotelnya dioven di rumah mbak Raras yang memang tidak jauh dari rumahku karena sudah mulai sore.

Mbak Raras dan beberapa teman pulang untuk mengoven macscot. Kami yang tinggal mulai memotong motong bahan untuk salad dan aku share cara membuat saus saladnya.

Acara terakhir, setelah mbak Raras datang dengan macscotnya adalah belajar berhitung..hihihih...kenapa?? Karena Modsnya bingung mbagi hasil latbar. Beberapa teman sudah pulang duluan, sebagian sudah bahwa hasil latbar, sebagian belum, jadi hasil latbarnya dititipin temen yang masih tinggal. Nah yang membingungkan, Modsnya lupa mana yang sudah bawa mana yang belum... Nggak papa ya, mbak, yang penting niatnya kan supaya rata dan adil ya :D

Tidak banyak photo yang aku ambil, eh, bahkan tidak ada sama sekali selama acara ini, karena nggak sempat. Photo hasil latbar yang ini baru aku ambil setelah acara selesai, sambil mbantuin mbak Yanti beberes.



Terimakasih Mods dan Mons Foodmonster, semoga apa yang aku sharingkan bisa membawa manfaat. Maafkan kalau ada yang kurang berkenan ya. Sampai ketemu bulan depan dalam acara Ultah yang pasti heboh...

No comments: