Tuesday 4 January 2011

Nila bakar bumbu kecap

Nila bakar bumbu kecap


Suamiku suka sekali makan seafood. Cumi, udang,kerang,rajungan (sodara sepupunya kepiting tuh...) tebalan dan ikan semua dia suka. Dan dia sering protes karena aku jarang masak seafood. Bukannya aku nggak suka, tapi tukang sayur yang lewat depan rumah jarang banget bawa seafood yang bagus. Kalau mau seafood musti ke pasar tradisional yang kalau kesiangan dikit juga sudah tinggal yang jelek jelek. Kalau pagi pagi mau ke pasar...hmmm...agak agak males... :)

Waktu belanja di Bilka kapan hari, aku lihat panggangan ikan besar dari kawat tebal. Sudah lapar mata nih, mau beli, secara yang di rumah kecil dan sudah agak out of order...eh, inget di rumah punya wajan Happy Call yang sejak punya sampai sekarang baru kepakai 2 kali saja..

Pulang dari Bilka aku mampir Superindo,critanya mau kasih surprise suamiku, masakin ikan bakar. Di Superindo, suamiku nggak ikutan turun, dia paling pusing kalo ikut aku belanja di supermarket, soalnya musti muter dari ujung ke ujung semua dilewati sambil sebentar sebentar berhenti, mikir perlu nggak beli ini itu :D.

Karena sudah punya rencana, aku langsung menuju ke bagian daging dan ikan segar. Pilihanku jatuh pada Nila hidup dalan aquarium yang gendut gendut. Di Superindo, ikan yang dijual dalam keadaan hidup hanya belut, Gurami dan Nila. Aku kurang suka Gurami karena rasanya tasteless, sedangkan Nila lebih manis. Kalau beli di sana, sebenarnya bisa dimasakin sekalian, boleh pilih digoreng atau dibakar,semuanya free. Tapi aku prefer masak sendiri di rumah. Jadi Nilaku hanya dibersihkan saja. Sampai rumah,aku bumbui sendiri, marinated sebentar trus bakar untuk makan malam. Sambalnya aku buat sambal kecap saja, soalnya males ngulek cabe :D. Selama aku siap siap, Suamiku dan Cinta main di kamar. Waktu bau harum ikan bakar sudah keluar, baru mereka berdua keluar dannnn....yesss...surpriseku berhasil. Suami seneng banget dan maem sampai banyaaakk... Kalau Cinta, cuma nyolek nyolek bumbunya aja, trus sambil melangkah masuk kamar lagi bilang ' Niek nggak suka, nggak enak' :(

Ikan bakarku, bumbunya nggak aneh aneh...ini resepnya kalau mau coba ya :

Bahan :

2 ekor Nila (atau ikan lain)
5 bawang putih
1 sdt ketumbar (bubuk)
1 sdt kunir (bubuk)
2 sdt garam

Bahan olesan (aduk rata):

4 sdm kecap manis
2 sdm margarine
1 sdm madu

Cara membuat :

Kerat kerat badan ikan yang sudah dibersihkan. Aku sengaja mengeratnya dalam dalam sampai ke tulang ikan supaya bumbu bisa meresap dengan baik
Haluskan bawang putih, ketumbar,kunir dan garam. Beri sedikit air
Balurkan bumbu halus ke badan ikan
Simpan dalam kulkas sampai waktu masak (aku kurang lebih 3 jam)

Cara membakarnya,masukkan ikan kedalam wajan tanpa diolesi apapun, tutup, tunggu sampai setengah matang. Pakai api kecil saja supaya matang sempurna dan tidak gosong. Terlihat dari dagingnya yang mulai putih. 

Nila bakar bumbu kecap


Kemudian oleskan bumbu pengolesnya,balik berkali kali sampai akhirnya ikan matang.


Nila bakar bumbu kecap


Sambal kecapnya terbuat dari campuran kecap manis, bawang merah, tomat dan cabe rawit. Rajang kasar semua trus dicampurin......wuenaaakkk... :)

Enaknya pakai Happy Call : ikan matang rata dan cantik...nggak enaknya, nyucinya berat..hihih...

Notes : kalau pakai Happy Call, setelah ikan pertama matang, bersihkan dulu wajannya. Karena sisa bahan olesan yang tertinggal akan membuat ikan yang dipanggang berikutnya gosong..

No comments: