Tuesday 9 March 2010

Mangut Iwak Pe


Waktu HMFF perdana NCC Surabaya kemarin, aku bawa potluck ini. Waktu daftar sih rencananya bawa salad sayur, tapi H-2 sampai H-1 nggak nemu lettuce, jadi ganti deh..

Orang Jawa Tengah menyebutnya Mangut, orang Jawa Timur bilang Kotokan.

Buat yang mau nyobain, ini aku share resepnya. Waktu kemarin karena aku buat untuk orang banyak, jadi bahannya pakai 1 kg ikan, kalau untuk konsumsi keluarga sendiri silakan dibagi untuk komposisi bahannya :


Bahan :


1 kg ikan pe asap atau ikan tengiri asap, cuci bersih, potong sesuai selera
10 bh tahu goreng potong kecil kecil
3 terong, potong potong (bisa diganti dengan krai)
10 bawang merah
8 bawang putih
4 lembar daun salam buang tulang daunnya
3 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
3 cm kencur
2 cm kunir
500 ml santan kental siap pakai
petai
cabe rawit biarkan utuh
cabe merah potong potong
cabe hijau potong potong
kecambah ale (segenggam aja)
1 1/2 sdm garam
1 sdm gula pasir
+/- 2 liter air
8 buah tomat hijau potong potong, idealnya pakai belimbing wuluh, kalau nggak ada pake tomat hijau saja

 
Cara membuat :

 
  • haluskan bawang, brambang, kunir, kencur, tumis dengan minyak. tambahkan daun salam. tumis sampai benar benar matang, kalau kurang matang masakan jadi kurang sedap
  • masukkan ikan, aduk sebentar, tambahkan air
  • bumbui dengan garam dan gula, masak sampai merasuk, tambahkan tomat, tahu, terong, cambah ale, daun jeruk, cabe dan santan. masak sampai kental sambil diaduk sesekali, kalau terlalu sering dan keras keras ikannya hancur, terakhir masukkan petai. masak sebentar lali lalu angkat.
  • aku memasaknya cukup lama, supaya semua bahan merasuk. mangut ini makin lama main enak, kalau sisa, simpan di kulkas (dalam wadah tertutup biar baunya nggak ngabar kemana mana) trus dihangatkan dengan cara dikukus.
  • kalau di rumah, aku menambahkan ceplok telur sebagai pelengkap...tapi teteup aja sebagai orang Semarang yang nggak bisa survive tanpa kecap manis, di atas ceploknya aku kasih kecap manis...hihihih...

 
 
Selamat mencoba :)

 

2 comments:

ophoeng said...

banget kelihatannya tuh, apalagi pake pete ya.

budi's world said...

Aduh terima kasih buat Keluarga Cinta, sudah lama aku pengen buat mangut ikan pe tapi aku ganti dengan ikan lele yang aku bakar ymmmm enak