Tuesday 9 June 2009

100 praline & 100 brownies cup untuk 100 harinya dik Vita



Hari Minggu 7 Juni 2009, aku buat 100 kotak praline dan 100 brownies cup pesanan Om No, untuk peringatan 100 hari meninggalnya dik Vita, sepupu suamiku yang meninggal di Mataram pada saat proses melahirkan puteri pertamanya.

Adat di Jawa Timur, untuk acara peringatan 40 hari, 100 hari, 1000 hari orang meninggal, keluarganya mengadakan doa bersama dan para undangan yang datang diberi makan dan pulangnya masih dibawain bontotan yang berisi nasi lengkap dengan lauk pauknya dan berbagai jenis kue. Om No sengaja pesan di aku, karena kalau di desanya adanya hanya kue kue tradisional, katanya pengen kue yang bernafaskan 'kota'..heheh...ada ada aja istilahnya.


Aku pengen banget bikinin fruit pie, tapi sayangnya Om No harus berangkat hari Senin pagi sedangkan acaranya baru Selasa sore. Sudah jelas basi kalau fruit pie. Pilihannya hanya brownies, karena kue ini bertahan lama tanpa kulkas.


Browniesnya aku buat dengan memakai resep kiriman Vivi Liong. Kacangnya aku pakai almond slice. Tapi aku nggak pakai couverture chocolatenya, karena nyari di TBK nggak ada.


Bedanya sama Vivi adalah, dia pakai paper cup kecil, kalau aku pakai paper cup besar ini, isinya hampir 2x lipatnya. Sengaja aku buat besar biar lebih 'kelihatan'. Trus dibungkus pakai plastik OPP dan diikat ujungnya dengan kawat berwarna.

Selama aku membuat brownies ini, Pok dan Cinta nungguin terus. Dari 4 kali baking (@ 3x resep), mereka minta jatah masing masing 1 cup untuk setiap batchnya. Panas panas kemepul dari oven, langsung disentor bentar pakai fan trus dimaem :). Waktu diberi brownies yang sudah dingin mereka langsung menolak, karena katanya jauh lebih enak yang panas..



Selain brownies cup aku juga buatkan 100 kotak kecil praline, masing masing berisi 5 biji. Coklatnya pakai coklat Collata, yang warna hijau, coklat, putih, kuning dan pink. Yang ukurannya besar aku isi dengan selai blueberry, kismis, dan cherry potongan, yang ukurannya kecil, mainly coklat.Kotak mikanya dapat beli di toko 8 Pucang. Pas banget untuk 5 biji Praline.




Waktu nganter aku pesenin ke Om No, bahwa kuenya ini namanya Brownies, jenis kue bantat tapi enak banget, jadi nanti kalau ada yang complaint Om No bisa menerangkan. Maklum, nantinya brownies dan praline ini akan dibagikan kepada warga di Njorongan, Probolinggo yang (maaf) agak agak kurang update dalam hal perkuean.


Project ini adalah project pro bono alias free of charge. Sebenarnya Om No insisted untuk bayar, tapi aku tidak mau. Selama ini dik Vita dan Om No sekeluarga sudah sangat berjasa bagi kami, apalah artinya sedikit sumbangan kami ini dibandingkan kebaikan hati mereka.

Semoga almarhum dik Vita dan puteri yang belum sempat terlahir di dunia ini bahagia di alam sana, berkumpul dengan Eyang Munil, mama dik Vita yang telah duluan dipanggil Tuhan.

Vivi, thanks untuk sharing resepnya.. as Onny said, you are really a culinary encyclopedia :).
Kalau ada yang pengen resep Browniesnya, minta sama Vivi ya...rasanya bener bener enak deh... :)


No comments: