Tuesday 5 May 2009

Muffin Tape Keju




Semalam aku pengeeeeeeeeen banget makan camilan yang berbau bau tape. Pulang kerja mampir ke Giant beli tape singkong sekalian makan malam, karena Cinta pengen makan nasi goreng sambil lesehan di Giant. Sayang aku nggak ngecheck ke rumah, ada telur atau tidak. Ternyata bener...sampai rumah telur tinggal 7 padahal dalam resep butuh 8. Suruhan si mbak beli telur, tapi sudah jam 8:30 malam, sudah waktunya nemenin Cinta bikin PR...ya wis, tunda dulu masaknya sampai besok pagi.

Trus, karena masih ngidam cake tape, tadi pagi diniatin bangun jam 4:30 langsung nyiap nyiapin bahan dan mulai masak.

Resepnya aku pakai resep muffin tape keju milik bu Fatmah NCC , modifikasi dari butter cake 8 telur. Ini resepnya yang sudah aku tambah tambahin dikit :


Bahan:

8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr gula pasir (aku pakai 175 gr saja)
250 gr tepung terigu (aku pakai Kunci)
200 gr mentega/margarine (aku pakai 100 gr mentega, 100 gr margarine)
400 gr tape singkong (pilih yang matang dan manis)
2 sdm susu kental manis
25 gr keju cheddar, parut

Aku tambahin :

½ sdt garam biar tambah gurih

Cara membuat:

Haluskan tape, buang seratnya, beri susu kental manis, aduk rata, sisihkan.

Kocok gula pasir, garam dan mentega hingga pucat, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. Pada tahap ini aku hidupkan oven, api sedang

Masukkan tape halus, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata, sisihkan.

Di tempat lain, kocok putih telur hingga kaku, tuang kedalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk hingga rata.

Siapkan loyang muffin, beri kertas mangkuk (paper cup), tuangi adonan hingga ¾ penuh.
Supaya mudah menuangkan adonan, pakai piping bag plastic.





Taburi keju parut.




Panggang dalam oven hingga matang. Suhu 180’C selama lebih kurang 30 menit.



oven selama 30 menit atau sampai matang


yummy....


Begitu matang langsung aku makan 2. Enak tenan, hangat (karena baru matang), empuk, manis, gurih (karena aku tambah garam) dan bener bener kerasa tapenya....bagi bagi buat mbak Sus dan mbak Ti, Pok...sebagian dibawa kekantor buat temen temen dan ntar buat pendamping minum kopi jam 10...:D

Note : 1 resep ini jadi 28 cup muffin, tapi next time kalau buat lagi kayaknya harus agak penuhan ngisinya biar bisa mumpluk..

2 comments:

T.Yonaskummen said...

Salam kenal, setelah lihat foto-foto muffinnya dan juga lihat di NCC.. kok maaf tidak sama, di NCC terlihat begitu mengembang dan menggiurkan, trus waktu lihat resepnya baik di NCC maupun disini ternyata sama.. namun menurut saya ada satu bahan yang sangat penting yang tidak ada dalam resepnya....

Hanna said...

Hallo Tukang komen, salam kenal juga :)

Iya, mas, aku juga penasaran kenapa di NCC bisa nyempluk gitu. Katanya sih karena ngisinya 3/4 dari loyang, padahal aku juga sudah ngisi segitu loh, tapi kok ya tetep kempes. Kalau bahan yang sangat penting itu apa ya? Mbok tulung aku dikandani...

Terimakasih ya, salam buat kota kita, Semarang :)