Friday 17 April 2009

Sambel Glandir - my dinner last night





Sudah seminggu ini kami serumah makan masakan bersantan kental...hmm...terbayang betapa tingginya level cholesterol dalam darah kami kalau dicheck ya.. :D

Nah, semalam karena sudah bosen sama yang kental kental nikmat, aku bikin 'sambel glandir' karena kebetulan paginya tukang sayur keliling bawa daun glandir yang cantik cantik.

Daun glandir adalah daun ketela rambat / ubi manis / sweet potato. Masaknya hanya direbus saja trus dinikmati dengan sambal. Untuk sambalnya, ada temen yang menyebutnya 'sambel brambang asem', tapi aku menyebutnya sambel glandir.

Bahan sambel glandir hanya terdiri dari :

Garam
Bawang merah (brambang)
terasi
cabe merah/cabe rawit
sedikit asam matang
sedikit gula jawa


Haluskan semua (aku lebih suka kalau agak kasar kasar, jadi brambangnya lebih kerasa) dan campurkan dengan daun glandirnya.

Jadi inget dulu waktu masih tinggal serumah sama Mamie di Semarang, tiap weekend waktu pulang dari kuliah di Salatiga, aku selalu minta Mamie masak sambel glandir ini. Dimakan siang siang sambil ngobrol..hmm...nikmatttt sekali...padahal hanya nasi hangat plus sambel glandir dan tahu goreng saja.




Tapi untuk semalam, berhubung Pok suka makan ikan, aku juga sediakan pindang tongkol goreng...padahal, katanya, pindang tongkol ini juga tinggi kandungan cholesterolnya..hiks.. gak papa wis...

No comments: