Wednesday 21 January 2009

Cerita dapurku


Kadang aku bertanya tanya, bagaimana perasaan mbak-mbak yang kerja di rumahku setiap kali aku habis bikin kue atau dapat pesanan makanan. Karena selalu ada setumpuk peralatan dapur yang harus mereka bersihkan..kesalkah mereka? atau biasa saja? Aku pernah tanya sama mbak Sus, yang paling senior : 'Mbak, sebel nggak kalo musti cuci banyak? Tapi kata mbak Sus : 'Ah, ya enggak to, Bu...saya seneng seneng aja..soalnya kan juga nambah pengetahuan (karena dia sering ngintipin aku bikin kue) dan bisa mencicipi masakan macem macem.


Eh....ternyata setelah aku perhatikan lebih jauh..mbak Sus kalau masak atau menyiapkan bahan sebelum aku memasak, ngeluarin peralatan dapurnya jauuuuuuuuuuuuuuuh lebih banyak dari aku. Untuk mempersiapkan bahan bahan aja dia memakai banyak wadah yang berbeda. Apalagi kalau menyiapkan bahan bikin cap cay...ada kalo 10 wadah keluar. Gimana enggak, wortel - biar cuma sedikit - wadahnya sendiri, kubis sendiri, sawi sendiri, ayam sendiri, jerohan ayam sendiri, jamur sendiri, bawang putih dan bawang bombay sendiri, air kaldu bekas rebusan tulang ayam sendiri...belum lagi wajan besar untuk memasaknya..hmm...untunglah mbak Sus jenis orang yang sama dengan aku ya..maksudnya suka boros sama wadah..hihih..damai sertamu, mbak Sus (dan sertamu juga mbak Tin...tapi kalo nyuci bekas telor yang bersih dong..daripada musti aku suruh ngulang :D) ...dan mudah mudahan awet melayani Ibumu ini.


mbak Tin nyuci peralatan dapur bekas mbak Sus masak..

No comments: